Jumat, 27 Juli 2018

RPP IPA SMP

KI DAN KD



IPA KLS VIII



KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
ILMU PENGETAHUAN ALAM
                                                                                    
KELAS: VIII

KOMPETENSI INTI

 KOMPETENSI DASAR

1.   
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1    Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan
dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya
dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya

2.    Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

2.1    Menunjukkan perilaku
ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis;  kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
pengamatan,percobaan, dan berdiskusi
2.2   Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
2.3    Menunjukkan perilaku
bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi sikap dalam memilih makanan dan minuman yang menyehatkan dan
tidak merusak tubuh.
2.4    Menunjukkan
penghargaan kepada orang lain dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi penghargaan pada orang yang menjual makanan sehat tanpa campuran
zat aditif yang berbahaya

3.   
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

3.1   
Memahami gerak lurus, dan pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan
Hukum Newton, serta penerapannya pada gerak makhluk hidup dan gerak benda
dalam kehidupan sehari-hari.
3.2   
Menjelaskan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya,
serta berbagai pemanfaatannya dalam teknologi yang terilhami oleh struktur
tersebut
3.3   
Mendeskripsikan keterkaitan sifat bahan dan pemanfaatannya dalam
kehidupan sehari-hari, serta pengaruh pemanfaatan bahan tertentu terhadap
kesehatan manusia
3.4   
Mendeskripsikan struktur rangka dan otot manusia, serta  fungsinya pada berbagai kondisi
3.5   
Mendeskripsikan kegunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
dan hubungannya dengan kerja otot pada struktur rangka manusia.
3.6   
Mendeskripsikan sistem pencernaan serta keterkaitannya dengan sistem
pernapasan, sistem peredaran darah, dan penggunaan energi makanan 
3.7    Mendeskripsikan zat
aditif (alami dan buatan) dalam makanan dan minuman (segar dan dalam
kemasan), dan zat adiktif-psikotropika serta pengaruhnya terhadap kesehatan
3.8   
Memahami tekanan pada zat cair dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari untuk menjelaskan tekanan darah, difusi pada peristiwa respirasi,
dan tekanan osmosis
3.9   
Menjelaskan struktur dan fungsi sistem eksresi pada manusia dan
penerapannya dalam menjaga kesehatan diri.
3.10 
Memahami konsep getaran, gelombang, bunyi, dan pendengaran, serta
penerapannya dalam sistem sonar pada hewan dan dalam kehidupan sehari-hari
3.11 
Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan, serta
aplikasinya untuk menjelaskan penglihatan manusia, dan prinsip kerja alat
optik
3.12 
Mendeskripsikan struktur bumi untuk menjelaskan fenomena gempa bumi
dan gunung api, serta tindakan yang diperlukan untuk mengurangi resiko
bencana.
3.13 
Mendeskripsikan karakteristik matahari, bumi, bulan, planet, benda
angkasa lainnya dalam ukuran, struktur, gaya gravitasi, orbit, dan
gerakannya, serta pengaruh radiasi matahari terhadap kehidupan di bumi
3.14 
Mendeskripsikan gerakan bumi dan bulan terhadap matahari serta
menjelaskan perubahan siang dan malam, peristiwa gerhana matahari dan gerhana
bulan, perubahan musim serta dampaknya bagi kehidupan di bumi

4.   
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

4.1  Melakukan penyelidikan
tentang gerak, gerak pada makhluk hidup, dan percobaan tentang pengaruh gaya
terhadap gerak.
4.2    Melakukan
pengamatan terhadap struktur jaringan tumbuhan, serta menghasilkan ide
teknologi sederhana yang terilhami oleh struktur tersebut (misalnya desain
bangunan)
4.3    Melakukan
penyelidikan tentang sifat-sifat  bahan
dan mengusulkan ide-ide pemanfaatan bahan berdasarkan sifatnya dalam kehidupan
sehari-hari.
4.4 Menyajikan tulisan tentang upaya
menjaga kesehatan rangka manusia dikaitkan dengan zat gizi makanan dan
perilaku sehari-hari
4.5 Melakukan penyelidikan tentang keuntungan mekanik pada
pesawat sederhana
4.6 Melakukan penyelidikan tentang
pencernaan mekanis dan enzimatis pada makanan
4.7    Menyajikan data,
informasi, dan mengusulkan ide pemecahan masalah untuk menghindari terjadinya
penyalahgunaan zat aditif dalam makanan dan minuman serta zat
adiktif-psikotropika
4.8 
  Melakukan percobaan untuk
menyelidiki tekanan cairan pada kedalaman tertentu, gaya apung, kapilaritas
(menyelidiki transport cairan dalam batang tumbuhan) dan tekanan cairan pada
ruang tertutup
4.9 
Membuat peta pikiran (mapping
mind)
tentang struktur dan fungsi sistem eksresi pada manusia dan
penerapanya dalam menjaga kesehatan diri.
4.10 Melakukan pengamatan atau
percobaan tentang getaran, gelombang, dan bunyi
4.11  Membuat
laporan hasil penyelidikan tentang pembentukan bayangan pada cermin, lensa,
dan alat optik
4.13  Menyajikan laporan
hasil pengamatan atau penelusuran informasi tentang karakteristik komponen
tata surya

Mengetahui,                                                                            Banda
Aceh,     Juli 2017
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran
IP
A





Sulaiman Bakri, S.Pd.,M.Pd.                                               Nasrun.
G, SE.
NIP. 19690210 199801 1 001                                                 NIP. 19591215
198515 1 001




Tidak ada komentar:

Posting Komentar